Februari 23, 2024

PPL Dapat Lebih Berperan Bagi Petani

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) — Desa Nusantaara Jaya Kecamatan Kritang mempunyai lahan yang cukup memamadai untuk dijadikan kawasan pertanian. Setakat ini ada sekitar 300 hektar lahan yang tersedia untuk mendukung program Operasi Pangan Riau Makmur (OPRM)

Ungkapan itu disampaikan oleh Kades Nusantara Jaya Syarifuddin A Said saat berbincang-bincang, Jumat, (4/11), di Tembilahan. Menurutnya, saat ini lahan yang tersedia belum bisa digarap secara maksimal karena berbagai kendala yang dihadapi. Salah satu kendala tersebut terletak pada keterbatasan SDM yang ada.

“Salah satu kelemahan kita hingga lahan tersebut tidak bisa dimanfaatkan secara optimal terletak pada keterbatasan SDM yang ada. Keterbatasan tersebut terkait masalah minimnya pengetahuan petani tentang cara bercocok tanam yang baik agar dapat menghasilkan panen yang baik,” katanya.

Selain itu kelemahan lainnya adalah kebiasan yang sudah membudaya di tengah masyarakat. Masyarakat belum terlalu terbiasa untuk bercocok tanam dua sampai tiga kali dalam satu tahun. Selain itu, terkadang masyarakat saling menunggu untuk masa penanaman.

“Masyarakat sering saling menunggu untuk musim tanam. Kalau masyarakat yang awal menanam, padi mereka baik dan musuh tanaman tidak ada, biasanya yang lain akan mengikuti. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi produktivitas padi, karena pola penanaman seperti itu,” terangnya.

Padahal kalau masyarakat tidak saling menunggu, tentunya penanaman juga lebih sering bisa dilakukan, hingga panennya lebih sering. Tentunya kalau panen lebih sering hasilnya juga lebih banyak dan imbasnya tentu pada peningkatan pendapatan petani.

Untuk itu kata Kades, peran PPL di lapangan dapat lebih ditingkatkan untuk memberikan pengertian dan masukan kepada petani. Diakuinya, Kadis Pertanian yang baru dilihatnya punya semangat lebih dalam meningkatkan produk pertanian, itu bisa dilihat dengan aktif kembalinya peran PPL dilapangan.

Bagimanapun juga, dengan keterbatasan dan kebiasaan masyarakat dalam menanam padi perlu bimbingan dan penyuluhan yang benar oleh PPL. “Dengan itu diharapkan hasilnya dapat lebih maksimal,”katanya lagi. (Suf)